1. PENDAHULUAN
    1. Persyaratan dan ketentuan ini wajib dibaca sebelum menggunakan sistem dan fasilitas keagenan Indotravel lebih lanjut.
    2. Dengan mengakses dan menggunakan sistem beserta fasilitas keagenan Indotravel, Anda menyatakan telah memahami, menyetujui dan tunduk pada syarat dan ketentuan ini.
    3. Syarat dan Ketentuan penggunaan situs ini terdiri atas (i) Syarat dan Ketentuan Umum yang berlaku untuk setiap akses dan Layanan yang tersedia pada sistem, serta (ii) Syarat dan Ketentuan Khusus yang mengatur lebih lanjut ketentuan penggunaan Produk atau Layanan tertentu. Dalam hal ditemukan adanya perbedaan atau pertentangan antara Syarat dan Ketentuan Umum dan Syarat dan Ketentuan Khusus, maka yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan Khusus.

  2. DESKRIPSI UMUM
    1. Indotravel menyediakan dan menyelenggarakan sistem keagenan serta fasilitas pemesanan online secara terpadu ("Layanan"), yang dapat melayani pemesanan dan pembelian: Tiket Pesawat Domestik ("Produk") yang memungkinkan Anda untuk mencari informasi atas Produk yang Anda inginkan, serta melakukan pemesanan dan pembelian Produk secara online melalui sistem dan fasilitas yang tersedia.
    2. Agen merupakan mitra kerja bisnis dengan Indotravel terikat oleh syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh PT. Global Nusa Indotravel.
    3. Penumpang adalah Pelanggan atau Konsumen atau Pax yang melakukan pemesanan dan pembelian Produk melalui Agen.
    4. Batas waktu ("Time Limit") adalah waktu dalam jangka tertentu yang diberikan oleh maskapai penerbangan indonesia kepada pelanggan, pemesan, agen guna melunasi tagihan atas tiket yang telah dipesan.
    5. Electronic Tiket ("E-Tiket") adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem milik maskapai penerbangan.

  3. PEMESANAN/PEMBELIAN PRODUK
    1. Agen dapat menggunakan Sistem Keagenan beserta Fasilitas yang tersedia untuk membuat pemesanan yang sah. Agen tidak diperbolehkan untuk membuat pemesanan untuk tujuan spekulasi, tidak benar atau melanggar hukum. Jika Kami menemukan atau sewajarnya menduga bahwa pemesanan yang Agen buat ternyata tidak sah, maka Kami mencadangkan hak untuk membatalkan pemesanan.
    2. Layanan pemesanan dan pembelian Produk hanya melalui sistem keagenan yang secara umum dapat tersedia selama dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu; kecuali dalam hal adanya perbaikan, peningkatan atau pemeliharaan pada sistem kami maka pemesanan dan pembelian Produk bisa dilakukan secara manual.
    3. Setiap pemesanan dan pembelian Produk secara manual melalui call center, sms center dan chatting hanya dapat dilayani pada jam operasional Indotravel.
    4. Penyampaian setiap informasi antara Agen dan Indotravel terkait pemesanan dan pembelian Produk hanya dapat melalui media yang telah disediakan oleh Indotravel dalam hal ini berupa sistem reservasi Agen, Telepon, SMS, Chatting dan email.
    5. Agen diwajibkan memberikan kepada kami data dan informasi Penumpang yang akurat, terkini dan lengkap sehubungan dengan pemesanan dan pembelian Produk yang dilakukan.

  4. HARGA DAN PEMBAYARAN
    1. Semua harga Produk yang tertera di sistem keagenan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan mengikuti sistem penyedia layanan transportasi penerbangan.
    2. Harga yang tersedia dapat termasuk pajak dan tambahan biaya lainnya lagi namun dalam hal dan keadaan tertentu dapat juga tidak termasuk pajak dan biaya jasa, Pengguna diharapkan untuk memperhatikan total biaya yang harus dibayarkan berikut perinciannya.
    3. Beberapa harga Produk mempunyai ketentuan khusus yang telah menjadi kebijakan dari perusahaan penyedia layanan transportasi penerbangan.
    4. Beberapa penyedia layanan transportasi penerbangan telah memperkenalkan biaya bahan bakar yang mungkin tidak tertera dalam harga yang ditunjukkan dan akan menjadi biaya tambahan.
    5. Pembayaran Produk Layanan (Proses Issued) hanya dapat dilakukan melalui pemotongan saldo deposit yang dimiliki oleh Agen. Sistem keagenan Indotravel tidak dapat memproses segala pemesanan (Issued) apabila saldo deposit Agen tidak mencukupi.

  5. PERUBAHAN-PEMBATALAN
    1. Perubahan dan pembatalan penerbangan merupakan kewenangan pihak penyedia layanan transportasi penerbangan (maskapai). Dalam hal Perubahan data penerbangan atas keinginan Agen atau Penumpang hanya bisa dilakukan dan diproses oleh maskapai tanpa melalui pihak lain atau Indotravel.
    2. Agen dapat membatalkan pemesanan setiap saat sebelum konfirmasi terakhir dilakukan. Ketentuan proses dan tata-cara refund diatur dalam Pengembalian Dana.
    3. Apabila dalam pembatalan sepihak oleh maskapai penerbangan, Agen dapat memproses refund dengan pengembalian dana 100%. Untuk ketentuan proses dan tata-caranya, silahkan untuk merujuk pada Pengembalian Dana.

  6. TANGGUNG JAWAB AGEN
    1. Agen bertanggung-jawab menjaga kerahasiaan User-ID dan Password yang telah diberikan oleh pihak Indotravel kepada pihak lain.
    2. Agen bertanggung-jawab penuh atas segala rincian data dan informasi lainnya yang dilakukan untuk keperluan pemesanan dan pembelian Produk. Memberikan informasi yang salah dapat mengakibatkan penolakan perusahaan penerbangan yang membawa Penumpang, bertambahnya biaya untuk mengoreksi e-tiket, atau bahkan membatalkan tiket.
    3. Agen bertanggung-jawab untuk melakukan proses Issued jauh sebelum Time Limit berakhir, untuk memastikan agar sistem keagenan Indotravel dapat memproses dan menerbitkan e-tiket tepat waktu.
    4. Agen bertanggung-jawab atas segala kemungkinan, termasuk tetapi tidak terbatas pada, ketidaktersedian tempat, perubahan harga, biaya tambahan terkait proses Perubahan data penerbangan yang dilakukan.

  7. BATASAN TANGGUNG-JAWAB
    1. Indotravel tidak bertanggung-jawab dalam hal penumpang tidak dapat melakukan perjalanan dikarenakan kesalahan pengisian rincian data dan informasi penumpang oleh Agen, hal teknis penyedia layanan transportasi penerbangan, maupun hal lain yang dilakukan oleh Agen.
    2. Indotravel tidak bertanggung-jawab dalam hal gagalnya proses issued dikarenakan gangguan pada sistem maskapai.

  8. KOMPENSASI PENGGANTIAN KERUGIAN
    1. Indotravel tidak memberikan kompensasi dalam bentuk apapun atas kesalahan data yang telah diinput dalam proses pemesanan Produk.
    2. Indotravel tidak memberikan kompensasi dalam hal keterlambatan (delay) jadwal penerbangan yang telah dipesan sebelumnya. Penggantian kerugian atas kesalahan oleh pihak Indotravel, maka besaran kompensasi yang diberikan maksimal 20% dari nilai pemesanan.

  9. PENOLAKAN JAMINAN DAN GARANSI
  10. Segala bahan dan pelayanan yang disediakan Indotravel adalah "Sebagaimana Adanya" dan "Sebagaimana Tersedia" tanpa adanya jaminan dalam bentuk apapun baik tersurat maupun tersirat, tetapi tidak terbatas pada jaminan daya jual atau kesesuaian untuk tujuan tertentu maupun jaminan bukan pelanggaran. Tanpa membatasi hal tersebut, kami tidak memberi jaminan bahwa :

    1. Layanan dan bahan akan memenuhi kebutuhan Agen;
    2. Layanan dan bahan akan terganggu, tepat waktu, aman dan bebas kesalahan;
    3. Hasil yang mungkin didapat dari penggunaan Layanan atau materi akan efektif, akurat atau dapat diandalkan; atau
    4. Kualitas semua Layanan dan Produk, atau informasi yang diperoleh dari sistem keagenan kami akan memenuhi harapan Agen atau tidak bebas dari kesalahan;
    5. Sistem keagenan kami dapat mengandung kesalahan teknis atau lainnya, ketidakakuratan atau kesalahan cetak;
    6. Kami dapat membuat perubahan atas Produk dan Layanan di sistem, termasuk harga dan keterangan semua Produk yang terdaftar di sini, setiap saat tanpa pemberitahuan;
    7. Kami tidak memberi jaminan apapun tentang transaksi yang dilaksanakan di sistem keagenan kami, dan Agen setuju dan mengerti bahwa transaksi tersebut dilakukan sepenuhnya menjadi resiko Agen sendiri.

  11. PENGEMBALIAN DANA
    1. Semua pengembalian dana berupa pengembalian saldo deposit (Top-Up) langsung ke akun Agen.
    2. Semua pengembalian dana diproses sesuai dengan kebijakan pengembalian maskapai penerbangan yang mengeluarkan e-tiket.
    3. Sebelum menghubungi Indotravel dengan permintaan pengembalian dana, Agen wajib belajar tentang kebijakan pengembalian dana (Refund) setiap maskapai.
    4. E-tiket yang dikeluarkan hanya dapat dikembalikan atau diubah dalam kondisi tertentu dan kelas tertentu. Agen menyadari bahwa beberapa tiket tidak dapat dikembalikan atau diubah.
    5. Pada umumnya pengembalian dana hanya sebagian saja, dan itu dapat bervariasi dari 25% sampai 100% dari harga tiket.
    6. Agen menyadari bahwa pengembalian dana memungkinkan adanya biaya tambahan. Juga, biaya pembayaran kepada pihak yang memproses pembayaran tidak akan dikembalikan jika Agen meminta pengembalian dana.
    7. Ketika pengembalian dana ini diprakarsai oleh maskapai (misalnya dalam kasus pembatalan penerbangan) Agen akan menerima pengembalian dana yang belum termasuk biaya pembayaran khusus.

  12. FORCE MAJEURE
    1. Indotravel tidak bertanggung-jawab atas segala kegagalan transaksi yang mengakibatkan kerugian di pihak Pengguna yang diakibatkan karena Force Majeure. Kondisi yang dikategorikan sebagai Force Majeure adalah bencana alam (banjir, gempa bumi), epidemik, kerusuhan, pernyataan perang, perang, embargo, perubahan peraturan yang berlaku, petir, angin topan, mogok buruh, demonstrasi dan sebagainya.
    2. Jika dalam kasus Force Majeure Indotravel tidak dapat memproses pesanan Agen, Indotravel tidak akan bertanggung-jawab atas kerugian yang disebabkan dengan cara apapun.

  13. LAIN-LAIN
    1. Dalam hal terdapat satu atau bagian dari Syarat ini yang tidak dapat dilaksanakan atau menjadi batal maka ketentuan tersebut tidak akan mempengaruhi berlakunya ketentuan lain dalam Syarat ini dan ketentuan lainnya tersebut akan tetap berlaku sejauh mana diperbolehkan oleh Peraturan Perundangan. Ketentuan yang tidak dapat berlaku atau batal akan digantikan dengan ketentuan yang baru dengan mempertimbangkan tujuan utama dari diberikannya ketentuan awal.
    2. Indotravel memiliki hak diskresi untuk mengubah, menangguhkan, memberhentikan sistem dan/atau bagian dari sistem, termasuk jasa atau Produk yang tersedia dalam sistem, dan/atau penggunaan sistem, atau bagian darinya, tiap saat untuk alasan apapun.